Six Sigma Dan ISO 9000 – Cara Pilih

Six Sigma Dan ISO 9000 - Cara Pilih

Six Sigma Dan ISO 9000 - Cara Pilih

Bisnis yang ingin meningkatkan kualitas secara keseluruhan sering dihadapkan dengan tugas sulit memilih teknik peningkatan kualitas yang paling efektif dari pilihan yang tersedia seperti Six Sigma dan ISO . Untuk memilih teknik yang paling cocok bisnis harus melihat manfaat dari masing-masing teknik dan menentukan penerapannya dalam konteks proses bisnis yang ada. Hal ini diperlukan karena ada perbedaan besar dalam konsep kedua pendekatan yang perlu diidentifikasi sebelum memilih salah satu dari pendekatan.

The Six Sigma Pendekatan

Six Sigma pada dasarnya adalah pendekatan data-driven yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas output yang mungkin suatu produk atau jasa. Untuk mencapai hal ini Six Sigma kebanyakan berfokus pada peningkatan proses bisnis dengan menganalisis proses yang ada dan mengidentifikasi perubahan yang dapat dibuat untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi. Six Sigma membantu dalam mencapai hasil yang diinginkan karena meletakkan tekanan pada penggunaan alat-alat statistik dan teknik yang didasarkan pada logika suara bukan pendapat pribadi atau keyakinan.

Six Sigma Proses

Untuk mendapatkan ide yang adil tentang Six Sigma konsep mari kita mempelajari pernyataan di atas dalam konteks proses bisnis yang sebenarnya. Sebagian besar dari proyek Six Sigma cukup besar ditandai dengan beberapa tujuan dan sasaran. Untuk keberhasilan pelaksanaan Six Sigma Black Belt harus memecah proyek ke dalam proyek dikelola lebih kecil yang selanjutnya dapat dibagi secara internal. Hal ini memungkinkan Sabuk Hitam untuk memahami rincian rumit proses tertentu yang tidak mungkin mungkin terjadi jika proyek itu tidak dibagi menjadi proyek-proyek kecil.

Dengan menggunakan alat statistik dan teknik pada tahap ini para Black Belt dapat mengambil keputusan yang lebih baik tentang perubahan yang dapat dibuat untuk meningkatkan kualitas. Namun ini bukan akhir dari suatu proses implementasi Six Sigma sebagai proses juga harus memastikan bahwa standar kualitas yang dicapai dipertahankan. Untuk menjaga standar kualitas sistem kontrol yang diletakkan di tempat yang mengukur kualitas secara teratur dan melaporkan setiap penyimpangan yang mungkin terjadi.

ISO Pendekatan

Pendekatan ISO berbeda karena berfokus pada pengaturan standar dan mengikuti standar yang ditetapkan. Ini tidak berbaring stres pada peningkatan kualitas terus menerus seperti pada Six Sigma. Proses bisnis perusahaan ISO diatur oleh prinsip-prinsip kualitas delapan ISO dan harus mematuhi persyaratan yang sama untuk setiap organisasi. ISO juga menekankan pada pengendalian aspek yang berbeda dari suatu proses bisnis yang dicapai melalui dokumentasi bukti dan laporan.

Prinsip-prinsip yang paling penting di antara delapan berhubungan dengan memprioritaskan data pelanggan pembelian dan mengelola sistem mutu. Pada ISO setiap proses diperlakukan sebagai entitas independen bahkan jika tujuan akhir dari dua proses adalah sama. Berdasarkan standar kualitas yang telah ditentukan manajer kualitas mampu memutuskan apakah suatu proses tertentu telah berpegang pada standar yang ditetapkan atau tidak.

ISO proses

Proses ISO panggilan untuk mengikuti standar set tertentu yang telah didokumentasikan. Ini tidak meninggalkan ruang untuk perubahan inovatif yang dapat dibuat untuk meningkatkan kualitas. Proses ini berfokus pada apa yang harus dilakukan daripada mengidentifikasi potensi perbaikan dalam proses bisnis seperti dalam Six Sigma.

Terlepas dari perbedaan sangat sulit untuk mengatakan yang merupakan teknik peningkatan kualitas terbaik. Kedua teknik telah memberikan hasil yang diinginkan di mana pun mereka berhasil dilaksanakan membuatnya bahkan lebih sulit untuk memutuskan mana yang terbaik. Bisnis dapat menggunakan salah satu teknik selama itu membantu mereka dalam meningkatkan kepuasan pelanggan mengurangi biaya operasional dan memaksimalkan keuntungan.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s