ISO 14001 – Dasar-dasar Tentang Sistem Manajemen Lingkungan Atau EMS

ISO 14001 - Dasar-dasar Tentang Sistem Manajemen Lingkungan Atau EMS

ISO 14001 - Dasar-dasar Tentang Sistem Manajemen Lingkungan Atau EMS

ISO adalah bagian dari seri ISO dari standar sukarela dan pedoman sistem yang dibuat oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi atau ISO. Standar-standar dan pedoman yang ditulis untuk memastikan bahwa semua proses operasional yang konsisten efisien dan efektif sejalan dengan tujuan organisasi untuk melindungi dan melestarikan lingkungan.

Apakah EMS

Mereka kunci untuk memperoleh sertifikasi ISO adalah implementasi yang efektif dari sebuah Sistem Manajemen Lingkungan atau EMS. EMS terdiri dari program-program organisasi dan kegiatan yang dirancang untuk membatasi dampak negatif terhadap lingkungan sementara mempertahankan efisiensi organisasi. Program EMS dikelola dengan cara yang komprehensif sistematis dan didokumentasikan lebih khusus dengan menerapkan peraturan untuk merancang proses menerapkan konsep hasil pemantauan dan meningkatkan operasi. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan operasi organisasi dan secara signifikan mengurangi dampak lingkungan.

Singkatnya EMS berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kinerja lingkungan organisasi. Ini menyediakan cara sistematis untuk mengelola lingkungan terkait organisasi kegiatan. Ini adalah cara organisasi menangani masalah lingkungan jangka pendek dan jangka panjang. Ini menyediakan ketertiban dan konsistensi untuk cara organisasi merespon masalah lingkungan. Akhirnya EMS membantu organisasi untuk fokus pada perbaikan terus-menerus dari sistem dan mungkin untuk mencapai sertifikasi ISO .

Siapa yang butuh EMS

EMS adalah sesuai untuk setiap organisasi yang menginginkan untuk memperbaiki kinerja lingkungannya meskipun keunggulan kompetitif. Hal ini untuk organisasi yang mengakui tanggung jawab menangani masalah lingkungan. EMS sangat cocok untuk organisasi yang tidak merealisasikan penghematan dalam waktu uang dan sumber daya lain karena kekurangan atau tidak adanya program untuk mengelola urusan lingkungan. Ini sangat ideal untuk organisasi yang ingin mencapai kepatuhan berkelanjutan dalam peraturan lingkungan yang berlaku serta dalam mencapai sertifikasi ISO . Organisasi yang tidak memiliki kebijakan lingkungan perlu EMS.

Apakah persyaratan EMS

Ada empat hal yang diperlukan untuk pelaksanaan EMS dan mereka komitmen yang mendalam tepat alokasi sumber daya perencanaan strategi dan pengembangan dan implementasi strategi.

Apa langkah-langkah untuk implementasi EMS

Langkah pertama untuk pelaksana EMS adalah orientasi dan komitmen. Ini melibatkan pelatihan dari tim manajemen eksekutif dan melakukan tinjauan lingkungan awal. Langkah kedua adalah struktur dan pelatihan. Ini hasil ke menunjuk seorang perwira pengelolaan lingkungan dan membentuk komite manajemen dan implementasi. Langkah ketiga adalah kebijakan dan dokumentasi. Ini termasuk mengembangkan pernyataan kebijakan lingkungan dan mengidentifikasi prosedur. Langkah keempat adalah implementasi progresif. Di sini program pengelolaan lingkungan ini dirancang dan diimplementasikan bersama dengan pemantauan yang tepat audit dan pelaksanaan langkah-langkah perbaikan. Langkah kelima dan terakhir adalah ISO sertifikasi dan registrasi. Organisasi ini mengalami pra-penilaian dan mengambil tindakan korektif dan kemudian pindah ke audit sertifikasi akhir.

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s