Tujuh Lapisan ISO OSI Model

Tujuh Lapisan ISO OSI Model

Tujuh Lapisan ISO OSI Model

The ISO OSI model yang dijelaskan di bawah ini. Tujuh lapisan dari model OSI adalah

  • Aplikasi
  • Presentasi
  • Sesi
  • Transportasi
  • Jaringan
  • Antiqua gt Data Link
  • Fisik

lapisan aplikasi

Lapisan ini menyediakan sarana bagi pengguna untuk mengakses informasi pada jaringan melalui aplikasi. Banyak aplikasi pengguna yang perlu untuk berkomunikasi melalui jaringan berinteraksi dengan protokol lapisan aplikasi secara langsung. Aplikasi pengguna bukan bagian dari lapisan aplikasi OSI menggunakan layanan jaringan yang ditawarkan oleh protokol jaringan. Aplikasi lapisan fungsi biasanya termasuk mengidentifikasi mitra komunikasi dan menentukan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan. Beberapa contoh implementasi lapisan aplikasi meliputi Telnet File Transfer Protocol FTP dan Simple Mail Transfer Protocol SMTP .

Presentasi lapisan

Lapisan presentasi mengkonversi representasi komputer host data lokal ke dalam format jaringan standar untuk transmisi pada jaringan. Di sisi penerima itu mengubah format jaringan ke dalam format komputer host yang tepat itu sehingga data dapat dimanfaatkan tergantung pada komputer host. Konversi ASCII dan EBCDIC kriptografi dan sejenisnya ditangani di sini. Contoh
coding lapisan Presentasi dan skema konversi mencakup format representasi data umum konversi format representasi karakter skema kompresi data umum dan umum data skema enkripsi.

Presentasi lapisan implementasi biasanya tidak terkait dengan tumpukan protokol tertentu. Beberapa terkenal standar untuk video termasuk QuickTime dan Motion Picture Experts Group MPEG . QuickTime adalah Apple Computer spesifikasi untuk video dan audio dan MPEG merupakan standar untuk kompresi video dan coding.

. Sesi Lapisan

Lapisan Sesi membentuk mengelola dan berakhir sesi komunikasi. Sesi komunikasi terdiri dari permintaan layanan dan tanggapan pelayanan yang terjadi antara aplikasi yang berlokasi di perangkat jaringan yang berbeda. Ini permintaan dan tanggapan dikoordinasikan oleh protokol diimplementasikan pada lapisan sesi. Beberapa contoh sesi-lapisan implementasi termasuk Zona Informasi AppleTalk yang Protocol ZIP dan Tahap Sesi layak Control Protocol SCP .

.Transport lapisan

Lapisan Transport bertanggung jawab untuk menyediakan layanan yang dapat diandalkan antara host. Datagrams lapisan atas dipecah menjadi datagrams dikelola dan kemudian informasi header yang sesuai seperti nomor urut nomor port dll ditambahkan ke datagram sebelum diteruskan ke lapisan Jaringan. Dua protokol transportasi yang sering digunakan adalah TCP Transmission Control Protocol dan UDP User Datagram Protocol .

Penting fitur lapisan Transport

  • Lapisan Transport menjamin layanan handal.
  • Breaks pesan dari lapisan sesi ke dalam datagram yang lebih kecil dan menambahkan informasi unit header yang sesuai.
  • Bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan Sesi lapisan

Penting fitur TCP / UDP

  • TCP / IP banyak digunakan protokol untuk Transportasi / Jaringan lapisan
  • TCP Transport Control Protocol TCP memastikan bahwa paket telah mencapai tujuan yang diinginkan dengan menggunakan sebuah pengakuan. Jika tidak hal itu mentransmisikan kembali pesan hilang. Oleh karena itu TCP disebut protokol berorientasi koneksi.
  • UDP Universal Data gram Protocol UDP hanya mengirimkan paket melalui internet. Ia tidak menunggu pengakuan. Ini adalah tanggung jawab dari protokol lapisan atas untuk memastikan bahwa informasi tersebut telah mencapai mitra yang dituju s . Oleh karena itu UDP sering disebut protokol connectionless.
  • Program aplikasi

  • yang tidak perlu protokol berorientasi koneksi umumnya menggunakan UDP.

. Jaringan lapisan

Layer Network bertanggung jawab untuk routing paket melalui seluruh jaringan. Lapisan ini menggunakan logis untuk tujuan ini. Perhatikan bahwa alamat fisik seperti alamat MAC terus berubah dari hop ke hop ketika sebuah paket perjalanan dari sumber ke tujuan. Akibatnya sebuah alamat yang tidak berubah diperlukan untuk menjamin kontinuitas antara hop. Ini tidak lain hanyalah alamat logis. Untuk jaringan IP alamat IP adalah alamat logis dan untuk Novell jaringan alamat IPX adalah alamat logis dan sebagainya. Lapisan ini juga menyediakan untuk kontrol kongesti dan informasi akuntansi untuk jaringan. IP Internet Protocol adalah contoh dari sebuah protokol lapisan jaringan.

. Data link layer

Data link layer menyediakan pengiriman frame informasi antara mitra berkomunikasi. Lapisan ini bertanggung jawab untuk regulasi aliran deteksi dan koreksi kesalahan dan framing bit untuk transmisi. Frame data jaringan terdiri dari checksum alamat sumber alamat tujuan dan data itu sendiri. Ukuran frame terbesar yang dapat dikirim dikenal sebagai Unit transmisi maksimum MTU .

Fitur penting dari lapisan link data

  • Merakit bit menjadi frame membuat mereka siap untuk transmisi melalui jaringan.
  • Menyediakan deteksi error dan koreksi frame ditransmisikan. Jika checksum tidak benar itu meminta pengiriman ulang. Kirim pesan kontrol .
  • Terdiri dari dua lapisan sub
    1. Logical Link Control LLC Mendefinisikan bagaimana data ditransfer melalui kabel dan menyediakan layanan data link ke lapisan yang lebih tinggi.

    2. Medium Access Control MAC Kontrol akses media dengan mengatur node berkomunikasi menggunakan pra-didefinisikan seperangkat aturan. Yaitu Token passing Ethernet CSMA / CD semua memiliki MAC sub-lapisan protokol .

Protokol
Data link lapisan yang berbeda mendefinisikan karakteristik yang berbeda jaringan dan protokol termasuk menyikapi fisik topologi jaringan notifikasi error urutan frame dan kontrol aliran. Fisik menangani sebagai lawan pengalamatan logis mendefinisikan bagaimana perangkat tersebut ditujukan pada lapisan data link. Protokol yang digunakan dalam link layer Data SLIP PPP dan CSLP.

. Fisik Lapisan

Ini adalah lapisan paling bawah dari model OSI. Lapisan Fisik menangani bit-tingkat komunikasi di media fisik. Media fisik bisa terdiri dari sinyal listrik kabel atau cahaya atau nirkabel sinyal radio. Spesifikasi lapisan fisik mendefinisikan karakteristik seperti media kecepatan data jarak transmisi maksimum dan konektor fisik.

Beberapa standar penting yang berhubungan dengan spesifikasi lapisan fisik adalah

RS- untuk jalur komunikasi serial X. EIA dan G .

Lapisan fisik dan implementasi Data link layer dapat dikategorikan sebagai LAN atau WAN spesifikasi.

About these ads
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s